Roger Dean- Album Cover Artist And Designer

Unknown 15.28
Jika Anda bermasalah dengan tinggi badan kami punya solusinya untuk Anda yang ingin menaikkan tinggi badan.yaitu dengan mengkonsumsi obat herbal tiens. Artikel ini dipersembahkan oleh harga obat peninggi badan tiens yang dijamin berkhasiat.

Sejak Alex Steinweiss mendesain sampul album untuk Columbia Records pada tahun 1940-an, banyak artis dan perancang terkenal juga telah merancang sampul album yang ikonis dan bergaya. Dari kartunis terkenal Robert Crumb, yang mendesain sampul album “Cheap Thrills” dari Janis Joplin untuk kontribusi Andy Warhol ke LP “Sticky Fingers” Rolling Stones, banyak artis terkenal telah menempatkan bakat mereka untuk bekerja dan menempatkan gambar pada musik yang diciptakan oleh rock dan menggulung band dan artis.



Salah satu seniman seperti itu, Roger Dean, terkenal di dunia untuk desain dan konsep cover album legendarisnya. Dia terkenal karena kemitraannya dengan band rock progresif Yes dan sampul albumnya tak tertandingi.Dean lahir di Ashford, Kent, Inggris pada tahun 1944 dan menghabiskan sebagian besar masa kecilnya bergerak di seluruh dunia (dia telah tinggal di Siprus, Yunani dan Hong Kong) dengan ayah tentara Inggrisnya. Keluarga itu kembali ke Inggris pada tahun 1957 di mana Dean terdaftar di Canterbury School of Art dan memperoleh Diploma Desain Nasional. Pada 1968, ia lulus dari Royal College of Art. Dean lebih suka membedakan antara desain dan pengerjaan ulang dari model atau desain yang ada atau menciptakan dan membuat sesuatu yang baru, sebuah konsep yang akan membantunya di kemudian hari dengan pekerjaannya.
Bahkan, salah satu penemuannya adalah “kursi landak laut”, kursi busa yang, meskipun tampak seperti bola, akan sesuai dengan orang yang duduk di dalamnya; yang bisa mendapatkan posisi duduk dari berbagai sudut. Kursi yang dirancang secara unik ditampilkan dalam film "A Clockwork Orange" dan Dean ditugaskan untuk mendesain "lanskap" tempat duduk yang serupa untuk Ronnie Scott's Jazz Club.


Saat itu sekitar bahwa Dean akan memulai pekerjaan desain seni yang sekarang terkenal bahwa ia terkenal karena, merancang dan melukis sampul album unik untuk berbagai band rock. Sampul album pertamanya adalah untuk band bernama "Gun." Pada tahun 1971, Dean mendesain cover untuk Osibisa LP pertama (sebuah band Afrika / Karibia) dan sampul ini menarik banyak perhatian dan minat dalam karyanya. Bahkan, akhir tahun itu, Dean membentuk kemitraan yang paling dikenalnya, album cover art untuk band Yes (dan bersama dengan saudaranya Martyn, merancang set panggung untuk band juga).
Seperti yang dikatakan oleh gitaris Steve Howe, “Ada ikatan yang cukup erat antara suara kami dan seni Roger.” Seni Dean dicirikan oleh lansekap, lanskap luar angkasa, pulau terapung, dan habitat fantasi. Dia terutama bekerja dengan cat air, tetapi banyak lukisannya memanfaatkan penggunaan media artistik lainnya seperti guas, tinta, enamel, krayon, dan kolase. Dean juga seorang kaligrafer yang sangat dihormati, mendesain logo dan judul untuk melengkapi lukisannya.
Selain sampul albumnya yang sempurna dan tak tertandingi untuk Yes, ia juga mendesain sampul album untuk band-band rock, Uriah Heep, Asia, Atomic Rooster dan Budgie serta artis Steve Howe dan Rick Wakeman.


Pada tahun 1985, Dean mendaratkan pertunjukan dengan Psygnosis dan dia telah merancang karya seni untuk beberapa video game, termasuk Tetris Worlds dan desain ulang logo Tetris. Dalam beberapa tahun terakhir, dia fokus pada ide dan desain arsitekturalnya. Sebagai perancang arsitektur, ia telah mendesain rumah dan memelihara desa dan bahkan merancang semua aspek dari rumahnya sendiri, mulai dari teknik konstruksi yang diterapkan pada kenyamanan dan keamanan emosionalnya sendiri. Desainnya didasarkan pada konsep “Rumah untuk Kehidupan” nya, bahwa sebuah rumah harus sangat artistik, irlandia dan ramah lingkungan; murah dan cepat untuk membangun.
Yakinlah bahwa proyek apa pun yang dikerjakan Roger Dean, akan selalu inovatif, inspiratif, dan tak tertandingi dan ditangani dengan semangat yang jelas. Sampul albumnya yang penuh gaya dan konseptual akan hidup dalam keburukan selama bertahun-tahun yang akan datang karena dia terus mempengaruhi artis baru hingga hari ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Ads Inside Post